HASIL LAPORAN OBSERVASI PERUBAHAN SOSIAL

Tulisan ini  Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan yang mencakup perubahan sosial dari zaman dahulu dan zaman modern. Hasil observasi ini di lakukan di daerah Sumberagung kecamatan pancur kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hasil observasi ini mencakup perubahan rumah zaman dahulu dan sekarang, fashion zaman dahulu dan sekarang, peralatan rumah tangga zaman dahulu dan sekarang. Di daerah Sumberagung sangat sulit menemukan bentukan rumah maupun barang-barang kuno sangat sulit sedangkan bentukan rumah zaman modern cukup mudah. Hasil foto observasi di dapatkan dari rumah ke rumah dan setiap orang mengambil potret juga beda-beda,karena hasil observasi ini dilakukan dengan cara di bagi dan setiap orang mendapatkan tugas bagian masing-masing. Setelah itu kami melakukan analisis terhadap perusahaan apa yang terjadi ketika arsitektur rumah,busana,dan perabotan rumah tangga ketika berubah. Kami fokus terhadap sistem sosial apa yang berubah dari norma sosial,interaksi sosial, kelompok sosial, tindakan sosial,kelas sosial, mobilitas sosial, konflik sosial,hingga integrasi sosial.Berikut ini perubahan yang ter jadi dari zaman ke zaman dan selamat membaca.
#Arsitektur Rumah zaman dahulu dan 
zaman modern.


* Rumah zaman dahulu rata-rata terbuat dari kayu jati. Rumah jaman dahulu memiliki arsitektur yang sangat unik dan punya banyak makna. Rumah zaman dahulu r Deeata-rata terdapat di desa. Berikut ini jenis-jenis rumah jaman dahulu:
 -Rumah Joglo
 -Rumah Limasan
 -Rumah Panggang Pe

•Berikut Contoh Gambar Rumah Limasan Zaman Dahulu:
(Di potret oleh Nurul Shabilaatun N.,7 September 2023.). Rumah Limas diatas milik  Bapak Kasiran yang beralamat di Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Rumah limasan merupakan rumah khas Jawa. Mulai dari beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur memiliki bangunan tradisional berupa rumah limasan.Ciri khas dari rumah  limasan sendiri adalah bagian atapnya yang seakan berbentuk bangun ruang limas. Di bagian atas, terdapat atap yang terdiri atas empat sisi dengan bentuk trapesium dan segitiga sama kaki. Tidak berhenti di situ, atas rumah limasan rata-rata memiliki “emperan” yang menjadi batas antara bagian utama rumah dan teras di bagian bawahnya dan rumah Limas mempunyai tata ruang yang sangat bagus misalnya rumah Limas memiliki tempat keluarga yang sangat luas sehingga rumah Limas maupun rumah zaman dahulu sering digunakan untuk kumpul bersama keluarga besar. Rumah Limas terbuat dari kayu jati,sehingga rumah zaman dahulu kalu di jual di zaman sekarang nilai jualnya menjadi tinggi karena memang rumah zaman dahulu rata-rata terbuat dari kayu jati. Rumah Limas memang mempunyai banyak filosofis yang mendalam, terdiri dari lima tingkat dengan makna dan fungsi yang berbeda-beda. Lima tingkatan ruangan diatur menggunakan filosofi Kekijing, dimana setiap ruangannya diatur berdasarkan penghuninya, yaitu usia, jenis kelamin, bakat, pangkat, serta martabat.

* Rumah Zaman Modern (sekarang) kalau kita melihat di kota-kota besar maupun di desa sekarang banyak banget bangunan rumah modern. Rumah modern berbahan dasar batu bata. Alesan orang sekarang memilih rumah modern ketimbang rumah zaman dahulu karena rumah zaman modern bahan nya lebih aman di kantong ketimbang harga kayu jati yang satu pohon nya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berikut beberapa jenis rumah modern:
 - Gaya modern.
 - Gaya klasik modern.
 - Gaya minimalis.

•Berikut Contoh Gambar Rumah Klasik Modern Zaman Modern:
(Di potret oleh Lisa Yuli Andhini.,16 Agustus 2023.). Rumah modern diatas milik Bapak Tuken yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt3/rw1 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Rumah klasik modern atau modern classic adalah sebuah konsep tatanan rumah yang menghasilkan gaya baru dengan estetika yang menawan bagi rumah komersial. Gaya ini menggabungkan nuansa klasik dengan sentuhan modern yang menampilkan tampilan nan elegan. Bangunan rumah modern banyak di temui di kota besar maupun di desa. Rumah klasik modern banyak di sukai karena rumah nya yang estetik dan bahan-bahan rumah harganya juga terjangkau. 



# Gaya Pakaian Zaman Dahulu dan Zaman Modern.

* Pakaian zaman dahulu waktu itu masih berbentuk kebaya. Nenek-nenek zaman dahulu lebih suka memakai kebaya dan jarik karena kebaya merupakan pakaian tradisional dari Jawa pada zaman dahulu selain di gunakan sebagai pakaian sehari-hari kebaya juga bisa menjadi ikonik orang Jawa.

•Berikut ini adalah gambar pakaian zaman dahulu:
(Di potret oleh Nurul Shabilaatun N.,7 September 2023.). Baju zaman dahulu diatas milik mbh ngasri yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Sebutan "Kebaya" merupakan kata yang berasal dari "Abaya" yang artinya jubah atau pakaian. Pakaian identik yang dipakai perempuan Indonesia ini melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan dan keteguhan perempuan Indonesia.

* pakaian zaman modern anak muda zaman sekarang mengikuti trend fashion. Trend fashion yang lagi ngetrend di kalangan anak muda adalah Korean style dan style dari negara-negara barat.
• Berikut Contoh Gambar style modern.
(Di potret oleh Miratus Sholikah.,2 juni 2023.). Baju zaman modern diatas milik Meri Dwi C. Alun-alun Lasem  kecamatan Lasemkabupaten Rembang.

Gambar diatas merupakan contoh gambar dari fashion Korean style. Korean style sangat di kagumi di kalangan anak muda maupun di beberapa usia. Sekarang banyak terjadi anak muda lupa akan pakaian zaman dahulu yang di pakai nenek atau pun orang tua pada zaman dahulu. Busana zaman sekarang mempunyai bahan yang lebih halus dan memiliki motif warna-warnai dan mempunyai harga yang cukup mahal.

#Prabotan Rumah Tangga Zaman Dahulu Dan Zaman Sekarang.

*Perabotan zaman dahulu pembuatan perabotan zaman dahulu masing menggunakan atau memanfaatkan alam. Misal saat membuat perabotan yang masih menggunakan alam yaitu:
1. Kuali(belanga).
2. Gentong.
3. Tungku kompor.
• Berikut contoh gambar prabotan zaman dahulu.
1.) Gambar kuali(belanga)
(Di potret oleh Shifa .A.Z.,13September 2023.). Prabotan zaman dahulu (kuali)diatas milik mbh sopiah yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.
Kuali(Belanga) merupakan salah satu alat memasak masyarakat Asia berupa kuali besar yang terbuat dari tanah dan umumnya digunakan untuk merebus sayuran. Masyarakat zaman dahulu lebih suka memakai alat yang terbuat dari bahan alam karena memiliki banyak manfaat dan tidak mengandung bahan ilmia. Berikut manfaat prabotan rumah tangga yang terbuat dari tanah:
1.Menyehatkan Pencernaan.
2.Detoksifikasi tubuh.
3.Anti kanker.
4.Mencegah infeksi.
2.) Gentong
(Di potret oleh Lubna Abiyah.,7 September 2023.). Gentong diatas milik mbh Daremi yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt2/rw1 dukuh pesongo kecamatan pancur kabupaten Rembang.
genuk jaman kuno
• terbuat dari tanah liat
genuk jaman sekarang
• terbuat dari plastikpertama, memilih •pertama,jenis tanah liat dan mengolah tanah agar bisa dibentuk.
•Kedua, mulai tahap berkreasi dengan menentukan bentuk tanah liat untuk dijadikan suatu kerajinan.
•Ketiga, tanah liat yang sudah dibentuk harus dikeringkan sampai teksturnya mengeras.
•Keempat, yaitu tahap finishing untuk mengecek kembali kualitas kerajinan tanah liat, sebelum nantinya digunakan atau dijual.
3.) Sumur Oklek dan tarik

(Di potret oleh Meri Dwi C.& Miratus Sholikaha,12 September 2023.). Sumur diatas milik mbh Daremi yang beralamat di Desa. Sumberagung rt2/rw1 dukuh pesongo kecamatan pancur kabupaten Rembang.
Sumur Oklek
#Sumur Oklek (goyang) adalah sumur pada zaman dahulu yang digunakan masyarakat untuk menimba air. Masyarakat zaman dulu menggunakan sumur tersebut untuk kehidupan sehari-hari, seperti untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, untuk minum. Di zaman sekarang jarang sekali menemukan sumur oklek(goyang). Karena sudah banyak yang menggunakan kran air sanyo. Kran air sangat mudah di gunakan dengan cara memutar kran nya, perbedaan dengan sumur oklek(goyang ) cara penggunaan dengan cara di okelek/di ayunkan untuk mendapat airnya. Sumur oklek ini terbuat dari baja.
4.) Cobek.
(Di potret oleh Nurul Shabilaatun N.,8 September 2023.). Prabotan zaman dahulu(cobek) diatas milik Bu. Sumarti yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.
perubahan sosial dalam memasak salah satunya adalah ulek-ulek jaman dulu sama blender jaman sekarang.
Kaman semakin maju teknologi semakin canggih manusia membuat produk yg lebih praktis di gunakan orang orang jaman dulu menghaluskan bumbu menggunakan ulek-ulek yang terbuat dari batu namun jaman sekarang orang-orang lebih suka menggunakan blender karena lebih praktis. tapi tak jarang juga orang-orang yang masih mengunakan ulek-ulek karena di cita rasa yang di dapat berbeda.
5.) Radio.
(Di potret oleh Shifa .A.Z.,13September 2023.). Radio diatas milik mbh sopiah yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.
Radio adalah media komunikasi yang mampu menyampaikan pesan atau informasi dari komunikator ke komunikan dalam bentuk suara.
Radio FM merupakan salah satu jenis radio yang sudah ada sejak lama. Radio FM inilah yang sering Anda dengar baik di mobil ataupun menggunakan radio lawas. Pertama kali dikembangkan dan ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1895, radio terus berkembang dan bertahan hingga kini.

Radio FM atau disebut juga radio analog bekerja di frekuensi FM (Modulation Frequency), setelah sebelumnya bekerja di frekuensi AM (Amplitude Modulation). Frekuensi AM dinilai tidak stabil dan tidak bisa ditangkap dari jarak jauh, sehingga akhirnya dikembangkanlah radio yang bekerja di frekuensi FM.
6.) Piring zaman dahulu.
(Di potret oleh Nurul Shabilaatun N.,13 September 2023.). Prabotan piring  zaman dahulu diatas milik Bu. Sumarti yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Piring adalah alat makan yang berbentuk datar dan juga ada yang sedikit cekung.Piring juga digunakan untuuk menyajikan menu utama ketika sebuah jamuan makan berlangsung.Piring terbuat dari kaca,rotan, porselen,batu, plastik,logam,tanah liat dan kadang-kadang kayu juga digunakan.Pirimh memiliki dasar dan tepi yang dirancang untuk menahan makanan ditempatnya saat anda memakannya.
*Perabotan zaman sekarang. Prabotan zaman sekarang di buat dengan bahan alumunium ataupun stainless steel. Misalnya barang yang terbuat dari alumunium ataupun stainless steel yaitu:
1.Magic Com.
2.Panci.
3.Sotel.
•Berikut contoh gambar prabotan zaman sekarang.
1.) Magic com.
(Di potret oleh Nurul Shabilaatun N.,13 September 2023.). Magic com diatas milik Bu. Sumarti yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.
Magic com adalah inovasi paling canggih dari alat penanak nasi. Magic com ibarat gabungan dari rice cooker dan magic jar. Magic com mampu menanak sekaligus menghangatkan. Zaman sekarang banyak masyarakat yang menggunakan bahan alumunium ataupun stainless steel, mungkin mereka belum tahu bahayanya ketika mengolah makanan kecampur dengan aluminium. Berikut bahayanya makanan ketika dimasak dan terkena bahan alumunium ataupun stainless:
1.Penyakit demensia
2.Alzheimer
3.Hingga penyakit ginjal.
2.) Ember plastik 
(Di potret oleh Lubna Abiyah.,7 September 2023.). Ember plastik diatas milik mbh sarini yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt2/rw1 dukuh pesongo kecamatan pancur kabupaten Rembang.
Selain itu, kebanyakan masyarakat menggunakan Ember Plastik pun juga karena sifatnya yang multifungsi, seperti bisa digunakan untuk menempatkan pakaian kotor, bak mandi alternatif, hingga sebagai tempat menyimpan barang perintilan.
3.) Sanyo/Pet Air
(Di potret oleh Miratus Sholikah.,2 juni 2023.). Baju zaman modern diatas milik Bu.Parni dukuh  pesongo rt3/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.
aman dulu mencari air masih menimba di sumur atau dengan kata lain ngangsu sekarang sudah menggunakan Sanyo atau pet air. perubahan sosial ini menimbulkan beberapa dampak pertama sungai yang dulu si lalui banyak orang sekarang tidak pernah di jamah manusia membuat sumur menjadi angker. mengunakan Sanyo lebih praktis menghemat tenaga dan juga waktu karena tinggal menyalakan pet air nya sudah keluar di bandingkan dulu harus keluar dan menimba air mengabiskan banyak waktu dan juga tenaga.
4.) Blender.
(Di potret oleh Nurul Shabilaatun N.,13 September 2023.). Blender diatas milik Bu. Sumarti yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang
Blender atau pelumat adalah alat elektronik berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan. Material Blender
Material gelas blender biasanya terbuat dari kaca atau plastik. Kini orang lebih menyukai bahan plastik karena ringan dan tak gampang pecah, karena itu gelas blender bahan plastik dinilai lebih awet.

5.) Tv Digital (Android).
(Di potret oleh Nurul Shabilaatun N.,8 September 2023.). Tv Digital  diatas milik Bu. Sumarti yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt5/rw2 dukuh nyode kecamatan pancur kabupaten Rembang.
televisi adalah salah satu media publik yang memiliki tiga fungsi sebagai alat komunikasi massa,fungsi tersebut adalah fungsi informasi, fungsi pendidikan dan fungsi hiburan.Televisi terbuat dari bahan plastik yang bersifat keras untuk melindungi jaringan didalamnya serta ditambah lempengan besi sebagai kerangka.Televisi juga berguna untuk menambahkah ilmu pengetahuan mereka akan berita yang diserap oleh masyarakat yang menggunakan media tersebut.Dengan adanya televisi dirumah bisa menambah keharmonisan rumah tangga.
6.) Piring zaman modern.
Di potret oleh Lubna Abiyah.,7 September 2023.). Piring modern diatas milik ibu khotimah yang beralamatdi Desa. Sumberagung rt2/rw1 dukuh pesongo kecamatan pancur kabupaten Rembang.
#piring
Orang zaman dahulu makan di atas daun. Hal itu sudah lebih dari cukup. Tak ada piring di masa itu.Bahkan, mereka seringkali tidak menggunakan alas.Segalanya berubah pada abad ke 15. Orang Eropa mulai menggunakan kayu yang dilubangi untuk menaruh makanan.
Sebelumnya, mereka menggunakan roti yang dilubangi, namun roti yang dilubangi tidak dapat menahan kuah makanan dengan cukup lama.Mereka, makan di atas kayu yang tengahnya dibentuk lubang melengkung.Ini lantas menjadi sebuah kebiasan.Seiring perkembangan zaman, piring kayu digantikan dengan piring seng, keramik, dan melamin.
Sekitar 600 Masehi, piring makan yang pada awalnya diproduksi dari bahan almunium, menemukan revolusinya.
Demikian hasil penelitian observasi yang bisa saya sampaikan dan saya dan kelompok saya mengucapkan terimakasih karena telah membaca hasil observasi ini.

Anggota kelompok:
1.)Nurul Shabilaatun Ni'mah(23).
2.)Lubna Abiyah(12).
3.)Shifa.A.Z. (29).
4.)Lisa Yuli Andhini (11).
5.) Miratus Sholikaha.(15).
6.)Meri Dwi C.(14).



Postingan populer dari blog ini

Sundari,Potret Pengrajin Gerabah Balongan

kearifan Lokal Minuman Es Cincau